Rabu, 22 Desember 2010

manajemen RUMAH TANGGA


A. Latar Belakang
Menjadi prinsip dalam kehidupam rumah tangga adalah mencapai keselamatan dan kebahagiaan di dunia dan akhirat. Keselamatam yang ingin dicapai adalah keselamatan 5 aspek, yaitu :
1. Selamat Jiwa : untuk menjaga jiwa manusia agar tetap bersih dan tidak dikotori berbagai hal yang dapat merusak, maka manusia diharamkan memakan yang tidak halal, membunuh, membiarkan dalam diri penyakit iri, dengki, dendam sombong, serta berbagai bentuk perbuatan yang dapat merusak ketaentraman jiwa seperti serakah, takut yang berlebihan dan selalu bimbang.
2. Selamat akal : menghindari diri dari makan dan minum yang dapat merusak akal manusia, fungsi otak dapat terganggu bila mengkonsumsi minuman keras dan sejenisnya
3. Selamat Keturunan : adalah untuk menjaga keturunan agar jelas orang tua dari anak yang dilahirkan dan yang akan bertanggungjawab bagi pendidikan dan nafkahnya, sebab itulah diharamkan zina, pergaulan bebas, dan lain-lain yang menjurus kepada ketidak jelas asal usul manusia yang terlahir di dunia ini.
4. Selamat harta : harta adalah anugarerah Tuhan yang dititipksn kepada manusia, maka manusia diwajibkan mencari harta dengan cara yang halal.
5. Selamat Martabat: manusia tidak diperbolehkan untuk merendahkan orang lain sekalipun berbeda jenis, bangsa, suku, warna kulit, pendidikan, jabatan dan harta maupun kecantikan atau bentuk tubuh, serta tidak dibenarkan adanya diskriminasi
B. Diskriminasi Singkat
Pernikahan atau berumah tanggan adalah, mengikat kedua bani Adam pria dan wanita dengan akad nikah dengan tata cara sesuai dengan ajaran agama.
Adapun tujuan perkawinan adalah sebagai berikut :
1. Membina kehidupan keluarga yang tenang dan bahagia
2. Hidup saling mencintai dan mengasihi
3. Melanjutkan dan memelihara keturunan
4. bertaqwa kepada Allah SWT dan membentengi dari perbuatan maksiat atau dengan kata lain menyalurkan naluri seksual secara halal.
5. membina hubungan kekeluargaan dan mempererat silatrrahmi antar keluarga.



                                         


          Pendapat lain menyebutkan bahwa manajemen adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana mangatur dan memimpin serta menggerakkan oarang yang mencapai suatu tujuan tertentu.

Tidak ada komentar: